Apa Itu Landing Page dan Perbedaannya dengan Website

Dalam dunia bisnis online dan website khususnya, Anda pastinya pernah mendengar istilah mengenai apa itu Landing Page. Sudahkan Anda tahu pengertian dari landing page itu apa?

apa itu landing page

Biasanya, para pebisnis online menggunakan LP (Landing Page) untuk menjual suatu produk tertentu. Hal ini disebabkan karena LP dapat membantu meningkatkan penjualan.

Baca juga: Tips Membuat Landing Page yang Berkonversi Tinggi

Kok bisa? Di artikel ini Anda akan menemukan jawaban dari apa itu LP, fungsinya apa, perbedaannya dengan website standar, dan sebagainya.

Apa Itu Landing Page?

Landing Page adalah sebuah halaman khusus yang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu produk tanpa menu dan navigasi.

Ketahui Lebih Jauh: Apa itu Landing Page dan Bedanya dengan Website

LP biasanya di khususkan sebagai media untuk digunakan berpromosi berbayar seperti facebook ads, instagram ads, dan sebagainya.

Halaman LP sangatlah umum untuk dijadikan salah satu sarana marketing lantaran isi dari halamannya itu sendiri lebih kearah “Ajakan bertindak” bagi para pengunjung.

Jadi tugasnya adalah membuat orang-orang untuk mau melakukan action dengan cara membeli sesuatu atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin meningkatkan penjualan dari bisnis atau jasa yang Anda tawarkan cobalah gunakan LP. Untuk membuatnya juga tidak perlu repot, cukup hire developer.

Anda bisa gunakan layanan dari IDBlog Media yang menyediakan pembutan halaman LP dengan harga yang terjangkau.

1. Perbedaan Landing Page dengan Website Standar

Mungkin banyak orang yang menyamakan kedua istilah di atas. Namun, sebenarnya LP dan website pada umumnya adalah dua hal yang berbeda.

Gampangnya, Landing Page adalah “wajah” dari sebuah halaman yang lebih bersifat kearah promosi. Halaman ini tidak memiliki navigasi yang akan mengganggu fokus calon pembeli.

Sementara itu, website standart adalah “halaman” website yang memiliki cakupan area lebih umum dengan berbagai menu navigasi yang tersedia.

Nah, berikut ada beberapa poin yang membedakan antara keduanya:

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Website Standar:

  1. Merupakan tampilan utama sebuah website.
  2. Halaman pertama yang dilihat ketika memuat sebuah website baik itu ketika Anda mengetik alamat website secara langsung atau melalui pencarian organik.
  3. Memiliki navigasi dan URL menuju halaman-halaman penting yang ada dalam sebuah website.
  4. Merupakan sebuah “etalase website” yang memungkinkan para pengunjung melihat semua gambaran isi website.
  5. Memiliki fungsi yang lebih umum.

Landing Page:

  1. Memiliki fungsi khusus yaitu untuk menarik perhatian pelanggan.
  2. Membuat calon pelanggan fokus pada produk yang ditawarkan.
  3. Isinya lebih spesifik tentang kelebihan / keunggulan produk / jasa.
  4. Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu.
  5. Konversi dan leads yang tinggi.

2. Jenis-Jenisnya

Ada banyak sekali jenis LP yang bisa Anda aplikasikan pada isi halamannya. Berdasarkan tujuan pembuatannya, ada 2 jenis halaman LP yang paling umum. Yaitu sebagai berikut:

2.1 Click Through

Yang pertama adalah jenis Click Through. Halaman LP jenis ini memiliki tujuan agar pengunjung meng-klik halaman lain yang ada dalam sebuah website.

Baca juga: Jenis Media Internet Marketing yang Efektif untuk Promosi

Biasanya jenis yang satu ini sering diaplikasikan pada jenis E-commerce. Sebuah produk akan digambarkan secara rinci dan mudah untuk dipahami agar lebih menarik perhatian pelanggan.

Setelah itu, mereka akan diarahkan pada menu pendaftaran atau log In E-commerce tersebut agar bisa memasukkan barang tersebut ke dalam daftar belanja dan melakukan Check Out.

2.2 Landing Page Lead Generation

Jenis yang satu ini tidak mengarahkan para pengunjung menuju halaman lain karena telah dirancang untuk mengumpulkan lead secara langsung.

Biasanya Lead Generatio ini dirancang lebih singkat, padat, jelas dan juga menarik.

Halaman Pengarah ini sering digunakan dalam bisnis seperti; penjualan e-book, pendaftaran webinar, Layanan professional seperti layanan konsultasi, Kupon dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai halaman LP ini. Dengan adanya halaman LP dalam sebuah Website maka fungsi promosi juga akan lebih maksimal lagi.

Landing Page juga mampu mengarahkan pengunjung secara langsung. Bagi Anda yang sedang ingin menawarkan jasa ataupun produk, halaman landing page bisa jadi pilihan.

Tinggalkan komentar