Berbicara soal internet marketing, pasti Anda sudah pernah mendengar tentang Facebook pixel. Tapi apakah Anda sudah tahu apa itu Facebook Pixel serta apa manfaatnya untuk bisnis?

apa itu facebook pixel

Untuk Anda yang sudah familiar dengan digital marketing, pasti sudah tidak asing lagi dengan Facebook Pixel. Terlebih lagi bagi Anda yang sering melakukan promosi atau beriklan dengan Facebook Ads.

Namun, bagi Anda yang belum tahu Facebook Pixel itu apa, tenang saya akan bahas di artikel ini. Silahkan simak di bawah ini.

1. Pengertian Apa itu Facebook Pixel

Facebook Pixel adalah sebuah code analitik yang ditempatkan pada website. Script ini berfungsi untuk mengumpulkan data guna mengukur dan mengoptimalkan iklan Anda.

Saat Anda memasang Pixel di website Anda, maka semua tindakan pengunjung akan tercatat. Data tersebut sangat berguna agar Anda dapat melakukan analisis performa dari iklan Anda.

Intinya, penggunaan Pixel adalah untuk memastikan iklan Anda akan di tayangkan kepada orang-orang yang tepat. Tapi, tidak hanya itu, berikut ini beberapa manfaat lagi dari penggunaan Pixel.

2. Manfaat dan Fungsi Facebook Pixel

Namun, bukan hanya itu saja. Pixel ini memiliki manfaat lainnya yang bisa menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Apa saja? Simak dibawah ini:

2.1. Melakukan Tracking Conversions

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal bahwa penggunaan Pixel akan memantau tindakan yang dilakukan di website Anda. Sehingga Anda bisa menghitung konversi yang terjadi di iklan Anda.

Tindakan yang di maksud di sini adalah seperti apa yang pengunjung lakukan di website sebelum mereka membeli. Misalnya saja membuka halaman, mendaftar akun, klik tombol, dan sebagainya.

2.2. Mengoptimalkan Facebook Ad Campaigns

Data-data yang sudah di kumpulkan tadi dapat pengukur efektifitas dari dari iklan Anda, apakah untung atau buntung. Sehingga Anda dapat menentukan strategi marketing yang tepat kedepannya.

Alhasil Anda dapat mengoptimalkan iklan Anda agar tampil hanya pada orang-orang yang memiliki ketertarikan masing-masing. Biaya yang di butuhkan untuk beriklan juga bisa jadi lebih hemat.

2.3. Retarget Pengunjung Website

Setelah Anda mengetahui produk apa saja yang paling menarik perhatian di website Anda, tentu lebih mudah menentukan pilihan. Maksudnya produk mana yang akan di anak emaskan untuk promosi.

BACA JUGA: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

2.4. Mengumpulkan Audiens yang Tepat

Dengan Facebook Pixel Anda jadi lebih gampang dalam mengelompokkan pelanggan. Karena terdapatnya fitur untuk membangun audience yang punya minat, ketertarikan, demografi usia, dan sebagainya.

Data ini di dapat dari interaksi pengunjung saat mereka mengunjungi website Anda. Misalnya saja melakukan pembelian, registrasi akun, berlangganan e-mail, dan juga lain sebagainya.

3. Bagaimana Facebook Pixel Bekerja?

Sederhananya ketika ada orang yang mengunjungi website Anda, maka tindakan atau aksi mereka akan memicu Facebook Pixel. Pixel ini akan memberitahu Anda aksi atau tindakan apa yang audiens lakukan.

BACA JUGA: Cara Daftar Menjadi Facebook Gaming Creator

Pixel ini juga bisa dengan mudah untuk melacak tipe browser, model perangkat pengguna, sistem operasi, dan juga alamat Internet Protocol (IP) yang digunakan untuk mengakses website Anda.

Ketika audiens login ke Facebook dengan tipe browser, IP, dan sistem operasi yang sama. Maka Facebook akan menayangkan iklan berdasarkan data yang sudah terkumpul tadi.

4. Cara Membuat Facebook Pixel

Untuk membuat Pixel ini bekerja, Anda harus punya website dan juga memiliki akses untuk merubah atau menambahkan script. Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website, maka mintalah bantuan mereka.

Pertama-tama bukalah Facebook Ads Manager > Pengelola Peristiwa. Kemudian pilih tanda ‘+’ seperti gambar di bawah ini.

cara daftar facebook pixel

Setelah itu akan tampil beberapa pilihan seperti web, aplikasi, dan offline. Silahkan Anda pilih yang web kemudian klik mulai. Pada bagian metode koneksi, pilihlah yang Facebook Pixel dan setelah itu klik terhubung.

Isi bagian nama pixel (Misalnya: Pixelku) dan pada bagian URL isikan dengan URL website Anda. Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan untuk menginstall code pixel (Pilih yang manual).

BACA JUGA: 6 Daftar Ide Bisnis Kreatif Minim Modal

Kemudian Anda akan di arahkan ke halaman baru berisi code pixel Anda. Salin codenya dan simpan di notepad agar tidak hilang.

5. Cara Memasang Pixel di Website

Sekarang waktunya menempatkan pixel tersebut ke dalam website Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah meletakan code tadi di bagian < head>< /head> website Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, silahkan masuk ke theme editor > header.php dan letakan codenya di bawah < head> . Anda juga bisa install plugin Facebook Pixel untuk lebih mudahnya.

cara memasang facebook pixel di WordPress

Setelah menambahkan codenya, jangan lupa untuk klik simpan dan Ada telah berhasil memasang code Pixel.

Penutup

Itulah dia pengertian apa itu Facebook Pixel, manfaat, serta bagaimana cara memasangnya di website WordPress Anda. Namun, Anda harus membuat beberapa pengaturan lanjutnya.

Pengaturan yang saya maksud seperti menambahkan peristiwa ke website. Hal ini sangat mudah untuk di lakukan, karena di bantu oleh tools dari Facebook.

Oke, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika Anda suka silahkan di share agar lebih bermanfaat juga untuk yang lainnya.

Write A Comment