Beranda » Freelance » 8 Alasan Menjadi Freelancer dan Jenis Pekerjaannya

8 Alasan Menjadi Freelancer dan Jenis Pekerjaannya

Alasan Menjadi Freelancer – Pekerjaan menjadi seorang Freelancer belakangan ini cukup populer di Indonesia. Terlebih, saat ini tersedia pekerjaan freelance yang bisa dilakukan secara full online dari rumah.

alasan menjadi seorang freelancer

Menjadi seorang freelancer adalah salah satu cara cepat dan terjangkau bahkan gratis untuk mulai mendapatkan penghasilan dari rumah. Terlebih lagi jika Anda memiliki keterampilan yang baik dalam satu bidang tertentu.

BACA JUGA: 11 Tips Menjadi Freelancer untuk Pemula

Lalu, sebenarnya apa saja alasan yang membuat seseorang memilih profesi sebagai seorang Freelancer? Berikut ini 8 alasan utamanya.

8 Alasan Menjadi Freelancer Bisa Menyenangkan

1. Fleksibilitas Waktu

Alasan utama orang lebih suka jadi seorang Freelancer adalah fleksibilitasnya.

Berbeda dari kebanyakan pekerja kantoran yang memiliki jam kerja tetap. Jam kerja seorang Freelancer itu lebih bebas alias tidak terikat waktu.

Anda bisa mengerjakan project Anda kapanpun Anda ingin. Asalkan, tidak melebihi deadline yang ditetapkan oleh klien.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer

Dengan fleksibilitas ini, seseorang bisa lebih mudah dan leluasa mengatur waktunya. Itulah alasan kenapa freelance ini jadi profesi yang cocok untuk orang yang sibuk.

2. Dapat Bekerja di Mana Saja

Alasan jadi freelance kedua adalah dapat bekerja dimana saja. Hal ini tentunya sangat cocok, terlebih bagi Anda yang memang lebih suka pekerjaan yang tidak terikat dan menetap di satu tempat.

Anda bisa bekerja di rumah. Atau jika Anda bosan, Anda bisa pergi ke kafe, coworking space, atau tempat-tempat lain yang lebih nyaman.

Untuk beberapa pekerjaan seperti Freelance dalam bidang Fotografi. Anda bahkan bisa pergi berkeliling kota bahkan negara.

BACA JUGA: Cara Menjadi Freelance Writer yang Menghasilkan

Kerja sambil traveling tentu sangat menyenangkan, bukan? Terlebih bagi Anda yang suka “kebebasan”.

3. Terhindar dari Suasana Kantor yang Monoton

Bekerja di kantor bagi sebagian orang memang tampak menyenangkan. Namun, bagi orang lain hal tersebut bisa saja terlihat monoton alias membosankan.

Anda harus mengulang-ulang pekerjaan yang sama setiap harinya. Lingkungannya pun kadang membuat beberapa orang menjadi cepat bosan.

Hal ini lantas dapat membuat banyak orang jadi lebih mudah jenuh. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan stress berlebih.

4. Alasan Menjadi Freelancer: Penghasilannya

Dibeberapa pekerjaan kantor atau pekerjaan tetap lainnya. Anda sudah pasti akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya dengan nominal tertentu. Contoh, 2 juta per bulannya. Nominal tersebut akan Anda dapatkan secara tetap setiap bulannya.

BACA JUGA: 8 Cara Menentukan Harga Jasa untuk Freelancer Pemula

Bisa berubah, namun biasanya sumbernya berasal dari bonus atau tunjangan bulanan yang kadang ada dan kadang tidak. Inilah alasan kenapa beberapa orang lebih memilih menjadi seorang freelancer.

Berbeda dengan seorang freelancer, pendapatannya tidak tetap setiap bulannya, sehingga cukup tinggi resiko. Maka dari itu sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum Anda terjun ke dunia freelancing.

Meskipun pendapatannya tidak tetap setiap bulannya. Namun, Anda dapat mengatur sendiri berapa budget untuk pekerjaan yang Anda kerjakan.

Semakin banyak dan besar project yang Anda kerjakan, maka semakin besar pula penghasilan yang akan Anda peroleh. Begitu pula jika Anda minim project, penghasilan Anda tentu saja akan menurun.

Contoh : Anda adalah seorang freelance writer. Asumsi rata-rata harga per artikelnya adalah Rp 15.000. Jika dalam sebulan Anda dapat menulis sekitar 300 artikel (10 artikel/hari). Maka, dalam sebulan Anda bisa mendapatkan Rp 4.500.000.

6. Memperbanyak Relasi

Alasan jadi Freelancer selanjutnya adalah memperluas relasi. Klien-klien yang Anda peroleh berpotensi untuk menjadi konsumen dan relasi Anda dalam jangka panjang.

7. Dapat Mengerjakan Beberapa Project Sekaligus

Dengan menjadi seorang freelancer, Anda dapat mengerjakan berbagai proyek sekaligus dalam satu waktu. Asalkan, Anda mampu mengerjakan semuanya dengan baik.

7. Menjadi Freelancer Dapat Menambah skill

Alasan jadi Freelancer ketujuh adalah dapat menambah skill. Dalam setiap proyek, kita dituntut untuk belajar banyak hal baru dan menyesuaikannya dengan kebutuhan klien.

BACA JUGA: Skill Menjadi Seorang Freelancer yang Profesional

Bertambahnya pengalaman Anda, juga akan membuat keahlian dan pengetahuan Anda semakin bertambah.

8. Alasan Menjadi Freelancer: Waktu

Dengan menjadi seorang freelancer, Anda bisa lebih bebas mengatur waktu Anda. Sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk keluarga dan me time.

Jenis Pekerjaan Freelancer

Freelance merupakan pekerjaan dengan bidang yang sangat luas. Bisa dikatakan, jenis pekerjaannya disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki.

Jika Anda punya kemampuan dalam bidang menulis, Anda bisa menjadi seorang freelance writer. Anda ahli dibidang marketing, bisa jadi marketer dan sebagainya.

Beberapa jenis pekerjaan yang umum dilakukan secara freelance adalah sebagai berikut:

  1. Freelance writer
  2. Web designer
  3. Social media manager
  4. Website developer
  5. Dan lain sebagainya.

Anda bisa membaca beberapa artikel seputar freelance di blog ini untuk menemukan ide-ide pekerjaan freelance lainnya.

Penutup

Itulah dia 8 alasan menjadi freelancer yang paling umum dan juga jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Namun, menjadi freelancer tidaklah mudah, jadi siapkan diri Anda juga.

Jangan sampai Anda berhenti dari kantor dan ingin fokus menjadi freelancer sedangkan pendapatan belum stabil. Karena pendapatan dari freelance tidak menentu.