Abdul Muhajir I am a blogger and web developer at abdulmuhajir.com currently living in East Kalimantan. My interests range from technology to design. I am also interested in entrepreneurship and writing.

10 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

10 Plugin Contact Form WordPress – Halo Indonesian Blogger, wajib bagi setiap website haruslah memiliki contact form atau biasa disebut sebagai formulir kontak.

plugin contact form wordpress

Karena formulir kontak memainkan peran yang sangat penting bagi siapa saja yang memiliki situs web atau blog. Form tersebut akan memudahkan pengunjung atau calon costumer Anda untuk bisa menghubungi Anda sebagai pemilik situs.

Jika Anda ingin menerima job dari advertiser, pasti akan dihubungi melalui contact form itu sendiri. Tidak hanya itu form contact juga berfungsi sebagai pengumpulan data seperti email, feedback, formulir konfirmasi pembayaran, dan lain sebagainya.

Ada banyak cara untuk membuat formulir kontak di WordPress, Anda dapat menggunakan formulir kontak yang terintegrasi dengan tema WordPress Anda.

Berikut ini Indonesian Blogger telah merangkum daftar plugin contact form wordpress yang terbaik yang dapat Anda gunakan.

10 Plugin Contact Form WordPress

1. Contact Form 7

Contact Form 7 adalah salah satu plugin contact form wordpress yang paling banyak diunduh pengguna WordPress dibandingkan Form kontak lainnya.

Selain itu, plugin ini juga sangat populer karena memiliki tampilan yang user interface dan dapat digunakan untuk membuat dan mengelola model sesuai kebutuhan pengguna.

Selain itu plugin contact form satu ini juga mendukung fitur CAPTCHA untuk mengurangi spam dan juga mendukung AJAX dukungan untuk interaksi yang lebih cepat.

Plugin ini juga komtapibel dengan plugin anti spam seperti Akismet. Plugin ini juga tersedia dalam lebih dari 60 bahasa. Contact Form 7 adalah plugin formulir WordPress yang dapat diandalkan untuk membuat formulir kontak dengan cepat.

Baca juga: Theme WordPress Mirip Liputan 6

Kekurangan dari form contact yang satu ini adalah tidak ditujukan bagi pemula karena tidak disediakan form builder. Itu berarti untuk menambahkan formulir kontak, Anda harus menempelkan shortcode ke editor WordPress.

2. WPForms

Wpforms adalah pugin contact form WordPress yang sangat ideal untuk pengguna pemula yang ingin mendapatkan kemudahan. Karena Anda tidak perlu pandai coding tapi cukup drag-and-drop saja. Blogger atau bahkan pemilik bisnis dapat menggunakan plugin ini untuk menyesuaikan formulir kontak di situs WordPress mereka.

Ketika pengguna melengkapi formulir dan klik sumbit, plugin ini akan secara otomatis mengirimkan email pemberitahuan. Tentu saja hal ini sangat penting untuk memastikan kecepatan respon/pelayanan yang baik.

Wpforms menyediakan fitur upload file, karena gambar biasanya dapat berisi lebih dari satu baris informasi teks. Cukup tambahkan bidang upload ke formulir sehingga pelanggan Anda dapat mengunggah foto, PDF, dan lainnya.

WPForms menyediakan template pre-Build. Cukup tambahkan atau susun ulang template berdasarkan kebutuhan Anda. Anda dapat menambahkan formulir kutipan, formulir donasi, atau formulir langganan.

Baca juga: Plugin WordPress untuk Optimasi Blog Anda

3. Jetpack

Jetpack adalah salah satu plugin yang sangat lengkap dirangkum dalam satu paket. Plugin ini sangat kaya dengan fitur karena memiliki lebih dari 30 modul yang siap pakai didalam satu plugin yaitu jetpack.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat menggunakan semua fitur gratis yang tersedia seperti contact form, lazy load, security, anti spam, dan banyak lagi lainnya.

Dengan jetpack Anda tidak perlu susah untuk membuat form contact, karena Anda hanya perlu menambahkan form yang disediakan jetpack kedalam halaman Anda.

Jika ada yang mengisi form tersebut maka Jetpack akan mengirimkan pemberitahuan email untuk setiap Balasan dari formulir kontak dan Anda dapat memasukkan alamat email Anda untuk pemberitahuan.

4. Form Maker by WD

Plugin contact form wordpress ini memungkinkan Anda untuk membuat bentuk dengan tampilan yang menarik dan fungsional untuk mengumpulkan berbagai informasi berharga dari pelanggan.

Form Maker by WD adalah plugin yang tepat dan ideal untuk pemilik bisnis dan developer karena apa? Tentu saja karena kemudahan dalam penggunaan, Anda bisa melakukan drag and drop untuk membuat formulir kontak Anda.

Dengan plugin ini, Anda dapat membuat format apapun seperti pendaftaran polling, kuesioner dengan sejumlah persyaratan kolom, beberapa pilihan quests dan banyak lagi.

Plugin ini juga telah didownload lebih dari 2.000.000 pengguna dan memiliki rating 4,5 oleh pengguna wordpress. Anda dapat men-downloadnya secara gratis, menggunakan pre-built template dan beberapa fitur terbatas.

5. Ninja Forms

Selain beberapa plugin diatas, Ninja Form juga termasuk populer dikalangan para developer. Plugin ini tersedia versi gratis namun fitur yang ditawarkan juga sangat terbatas.

Namun apabila Anda melakukan upgrade, fitur premium yang Anda dapatkan akan sangat keren dan tentu saja akan mempermudah dan membuat Anda dapat dengan mudah membuat form contact yang cantik.

Baca juga: Cara Setting WP Rocket yang Benar

Plugin Ninja form memiliki banyak plugin premium yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan form Anda.

Contohnya seperti pengeditan Front-end, posting, upload file, multiformat, dan integrasi dan dukungan PayPal untuk pemasaran melalui email atau internet marketing.

6. Caldera Forms

Caldera Forms sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Plugin ini memiliki visual editor yang sangat stylish sehingga Anda dapat melihat informasi yang Anda butuhkan dengan mudah.

Plugin contact form wordpress ini sepenuhnya gratis. Namun, jika Anda ingin instalasi yang baik dan dukungan support dari pengembangnya, Anda dapat menggunakan versi premium.

7. Fast Secure Contact Form

Fast Secure Contact Form adalah formulir kontak terbaik berikutnya yang juga banyak digunakan oleh pemilik situs, Plugin ini memungkinkan Anda membuat beberapa format dan memodifikasi konfirmasi email.

Plugin ini pun mendukung CAPTCHAs dan juga plugin Akismet.

Pada bagian backend pun sangat mudah digunakan karena menyediakan form builder yang sangat mudah digunakan bahkan orang awam sekalipun. Formulir dapat ditampilkan di mana saja di situs web Anda menggunakan shortcode.

8. Formidable Forms

Formidable Forms secara garis besar memiliki fungsi dasar yang hampir sama dengan plugin sejenis lainnya, tetapi sedikit lebih unggul dan berkualitas.

Versi gratis dari plguin ini sangat responsif untuk Mobile dan fitur form buildernya yang bisa drag and drop sehingga bisa dibilang beginners friendly.

Baca juga: Cara Menurunkan Bounce Rate dengan Cepat

Selain itu, plugin contact form wordpress ini juga memiliki kebebasan untuk menambahkan bidang formulir secara dinamis untuk mengurangi tampilan yang berantakan..

Plugin ini juga menyediakan auto-complete, yaitu fitur yang membuat pelanggan tidak perlu memasukan kembali informasi pribadi mereka secara manual ketika ingin mengirim pesan kesekian kalinya.

Selain itu juga terdapat kolom konfirmasi 2x, yang memastikan bahwa pengunjung yang mengisi form kontak Anda tidak melalukan kesalahan input data yang dapat merugikan bagi costumer.

9. Visual Form Builder

Visual Form Builder adalah sebuah plugin contact form wordpress yang memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin mengelola dan membangun segala macam model untuk situs WordPress Anda.

Anda tidak lagi perlu khawatir jika tidak memahami HTML, CSS, atau PHP karena Anda bisa membuat form contact Anda yang menakjubkan dengan mudah.

Dengan plugin ini juga akan memungkinkan Anda untuk membuat form contact hanya dengan satu kali klik saja.

Visual Form Builder secara otomatis menyimpan semua entri dalam formulir Anda langsung ke database WordPress dan dapat dikelola di dashboard WordPress Anda.

10. Gravity Forms

Sedikit berbeda dari yang lainnya, plugin ini tidak tersedia versi gratisnya. Namun bagi Anda yang butuh fitur premium yang sangat membantu, plugin satu ini sangat cocok untuk Anda.

Untuk versi premium, dibandrol dengan harga 59 dollar per tahunnya untuk license basic, dan 259 dollar untuk versi yang lebih tinggi yaitu elite.

Ada juga harga paket lisensi pro dan dibandrol dengan harga 159 dollar per tahunnya. Anda juga bisa mendapatkan add on seperti mailchimp, dan slack jika menggunakan license tertentu.

Penutup

Jangan sampai pengunjung atau bahkan costumer Anda tidak tahu bagaimana untuk menghubungi Anda. Buat form contact untuk website Anda dengan mudah menggunakan plugin contact form wordpress yang sudah saya sebutkan diatas.

Abdul Muhajir I am a blogger and web developer at abdulmuhajir.com currently living in East Kalimantan. My interests range from technology to design. I am also interested in entrepreneurship and writing.

One Reply to “10 Plugin Contact Form WordPress Terbaik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *